Part 23 --- Apa yang seru di Wisata Chu Chi tunnel?

Wednesday, July 8, 2015

Yang pasti desain, konsep dan wujud fisik medan tempur ini kece abiz. Selain itu, bro/sis juga bisa menikmati berbagai pajangan plus penjelasan tentang jebakan maut dan peralaatan perang masa itu. Belum puas juga, bro/sis bisa ikutan nembak (ini beneran loh yah, bukan pake semprotan air atau gedebog pisang haha) di lapangan tembak yang memang dipake biat rekreasi semua orang.

Jadi pas masuk arena wisata historis ini, kita bakalan dapet briefing beberapa menit tentang deskripsi dan sejarah tempat ini. Ada semacam aula gitu dimana kita bakal disuguhin video jadoel nan singkat tentang Perang Vietnam supaya kita dapet bayangan kayak apa tempat itu selama masa krisis itu. Berbagai perasaan campur baur pas nonton video itu. Ada rasa geli juga soalnya ini video kayak dari tahun 80an gitu dengan segala gayanya. Ada rasa salut n bangga pas ngeliat segitunya perjuangan rakyat Vietnam menentukan jati diri bangsanya. Ada juga rasa terenyuh melihat kenyataan manusia mesti menjalani perang sesengit itu buat bertahan hidup. So, anyway, video itu kasih cukup gambaran lah tentang kayak apa lokasi medan tempur Chu chi itu aslinya.

Selese video diputer, giliran sang pemandu wisata nerangin seluk beluk, model dan miniatur terowongan, sejarah n perkembangan terowongan ini. Salut banget lah buat pengembang wisata historis ini. They did such a good job buat membawa kita biar paham soal tunnel ini. Jadi worth it kita ke sini dan ngerti tentang tempat ini selain sekedar asik-asik masuk keluar terowongan, de-el-el. Semoga aja hal yang sama dikembangin di Indonesia, dimana kawasan wisata terutama yang historis itu dilengkapi sama media atau pemandu yang buat pengunjung cukup tahu gitu.
Kelar briefingnya, kami mulai mengikuti sang guide buat menelusuri pajangan berbagai alat yang mereka pake sebagai jebakan maut. Yang ini seriusan jebakan maut. Dengan segala keterbatasannya, pejuang Viet memakai semua sumber yang ada alias tersedia buat gali jebakan, ditaruh besi dan sebagainya. Pokoke intinya, barangsiapa terjebak, pasti gak akan bisa keluar dengan mudah. Serem juga sih liatnya. Secara denger penjelasannya aja kebayang betapa sadisnya alat itu bekerja. Ada juga lubang-lubang buat sembunyi, sehingga mereka gak ketangkep sama musuh. Yang ini boleh dicoba sama pengunjung. Kebayang kan, serunya.

Titik berikutnya adalah titik buat nyobain masuk ke terowongan Chu Chi. Seperti yang tersirat dari bagian sebelumnya. Saya bareng-bareng dengan temen-temen bule nyemplung, merangkak dan berlabirin ria di bawah sana. Sebuah pengalaman seru yang mesti terjadi at least sekali seumur hidup. Kalau bro/sis daya petualangannya tinggi, pasti gak bakalan mau cuman nyoba sekali, paling gak dua kali atau lebih. Sembari jalan-jalan touring tempat ini, kita juga bebas mengajukan pertanyaan berhubungan sama tempat ini. Jadi pengalaman dapet, practical knowledgenya juga dapet.

Di bagian terakhir wisata ini, bro/sis yang pernah nembak tapi ditolak hahah, atau pas masa kecilnya berobsesi banget maen tembak-tembakan atau siapa aja yang mau membuktikan kelihaiannya membidik sasaran, bisa nyoba nembak. Ada ongkos yang harus dibayar sis, tapi pengalamannya gak akan terlupakan. Kalau gak salah 20 USD buat 6 peluru. Merasa tertantang?
Buat yang bawaannya pengen ke toilet mulu pas jalan-jalan, dun worry. Ada fasilitas restroom juga kok disini. Lumayan terawat sih menurut gua. Tentunya yang gua maksud toilet cowok yah. Kalau toilet cewek mana akika tahu. Wakakka.
Ternyata persahabatan gua sama GL dan Shaked(nya tuh disini) masih berlanjut sampai hari ini. Malemnya kami janjian untuk ngrayain Tahun baruan bareng-bareng dengan temen-temennya. Kayak apa yah jadinya? Hehehe. Baca bagian lanjutannya

0 comments:

Post a Comment