Part 13-- Bukan sembarang Kantor Pos

Friday, January 2, 2015

Jadilah kami menyebrang lewat jalan super jumbo deket gereja Notre Dame Saigon. Ngomong-ngomong ternyata gereja satu itu gak hanya cantik dari depan atau samping, tapi justru berkuadrat-kuadrat lagi cantiknya kalau bisa dapet angel yang pas buat mengabadikan seluruh gedung dari belakang. Kayaknya paling pas dari lantai 4 suatu gedung. Anyway, top bangetlah keindahan gedung berhalaman dan bulevard super luas itu.

Walaupun sangat terpukau sama kemegahan Notre Dame dan pengen berlama-lama di tamannya, karena masih banyak yg mesti kami tuju, kami lantas nyebrang sedikit buat masuk ke area Central Post Office alias Kantor Pos Pusat kota Saigon. Bangunan bernuansa Perancis yang masih kokoh dan anggun itu aktif dipake sebagai kantor pos. Walaupun kayaknya ke arah Tourism contoh postcard, pengurusan visa on arrival, de el el. Lagi-lagi, 10% view dari gedung ini gak bisa kami nikmati because lagi ada mantainance. Rasanya tuh di sini banget dehh, seriusan.

Kantor pos yang bukanya lumayan lama itu (jam 7 s.d. jam 8 malem terlihat megah and lagi-lagi oranye dipadu krem atau putih. Begitu masuk, kerasa lah keunikan kantor pos ini. Ada 2 atau lebih lukisan yang super menarik tertangkap sudut mata saya. Di busur jendela dalem ada gambar peta primitif Saigon, Phnom Penh dan kota-kota sekitarnya. Aktivitas kantor pos terlihat santai dan tidak terlalu sibuk, ada furnitur-furnitur yang sangat berseni, termasuk bangku yang boleh diduduki buat menikmati momen masuk ke gedung yang dibangun gak lama setelah Notre Dame katedral, yaitu tahun 1886 s.d. 1891 (gak usah diafalin yah, gak masuk ulangan kok). Yang bangun gedung megah ini tak lain dan tak bukan adalah.... jeng jeng jeng... Gustave Eiffel. Yep, bener. Itu loh om-om yang juga mastermindnya Menara romantis Eiffel. Dia mengangkat nuansa atau gaya Neoklasik buat bangunan yang satu ini. Tentunya ada kepuasan sendirilah menyaksikan langsung dan bisa selfie di bangunan buatan Maestro arsitek Perancis satu ini. Ahay! Ternyata sejarah Vietnam kental diselubungi pengaruh Perancis yah? Saya juga baru sadar setelah jelajah kota Saigon ini... hmm sangat menarik buat dipelajari.

Selanjutnya kemana yah broo and sis? Ada yang bisa tebak? Kami pun pake insting. Karena kalau ngandelin peta bener-bener nanti gak bisa menikmati seliweran motor yang kayak malaikat bisa muncul tiba-tiba di saat yang tak terduga. Kami ambil jalan lurus terus melewati taman di deket jalan Le Duan, trus ngikutin alur pinggiran taman itu. Tanpa kami duga, kami tiba di suatu tempat yang luar biasa... Apa itu? Di chapter berikut...

0 comments:

Post a Comment