Part 19-- Nyusun rencana ke Chu Chi tunnel

Wednesday, July 8, 2015

Habis balik dari begadangan sama anak-anak muda penuh harapan (cemas), gua ngobrol bentar sama si Quang. Gua nanya-nanya tentang pilihan ke Chu chi (bacanya Kuchi ituloh kayak film bollywood yang diperankan Sharukh Khan, ngerti pasti). Dia bilang kalau pesen online ada tawaran promo menarik. Harganya bisa dipotong 'upto' (jangan merengut dulu yah) 50 persen. Lumayan, dalam hati gua. Jadilah gua cari di vindanay.com, beneran. Ada promonya. Paket dibandrol seharga 70.000 Dong. Lumayanlah, secara semuanya diurusin, dijemput segala macem. Tapi kalau misalnya bayar langsung agak mahalan. Aku lupa-lupa inget berapa. Tapi tebakan gua pasti bervariasi dari satu ke yang lainnya. Kisarannya sekitar 120 ribu sampe 150 ribuan. Harga yang menurut gua sangat tidak mahal.
Ada dua syarat kalau mau dapet harga hoki fantastis ke terowongan perang itu. Pertama kayak yang aku sebutin tadi, mesti booking online. Kedua, booking paling lambat semalem sebelumnya. Kalau nggak, silakan rogoh kocek yang lebih dalam. Umumnya, tiap guest house (nama kece/ nama siangnya hostel atau hotel backpacker, kalo malem mawar krik krik) di Vietnam punya layanan buat pesen-pesen paket tur. Menurut pengalaman selama gua disini, cara ini yang paling nyantai dan pas. Harganya gak macem-macem, servisnya oke dan terjamin. Ditambah lagi jaminan nyampe ke tempat wisata aman, pasti dan cepet. Masih ngeyel?
Emang sih, kalo bro/sis punya naluri bule atau bolang kayak di salah satu stasiun TV swasta, kayaknya kaki ini gatel buat nyari jalan atau alternatif sendiri, tul? Dengan motivasi pengen hemat lah, lebih menantang lah, atau banyak alasan mulia yang lainnya. Buat beberapa negara Asia lain kayak Malay atau Singapur atau Thailand bisa banget. Tapi untuk Vietnam, khususnya, justru kebalikan. Layanan tur hotel disini gak maen-maen harga, plus memanjakan pelanggannya. Gua aja ngerasa banget. Mereka komit abiz buat ngembangin pariwisata mereka sebagai uray nadi ekonomi kreatif. Poin gua adalah, selama kita yakin gak kena tipu atau calo dan harganya masuk akal, tebas aja bro/sis. Gak bakal nyesel.

Oh, ya. Paket itu seingat gua buat transport aja yakni biaya bolak balik sama mampir2 ke tempat cindera mata. Buat tiket masuk chu chi ada biaya masuk di sononya 90.000 dong. Gapapa lah yah, sekitaran 45 ribu perak buat jadi saksi sejarah. Dengan duit segitu juga bisa dapet kuliah gratis sehari plus ngeliat dan ngrasain rasanya di medan tempur Viet Cong. Masuk ke terowongan2 gelep nan eksotis gitu.
Jaraknya sekitar 2 jam itu ples isi bensin, berhenti di cindera mata, mampir ke toilet, nyisir lewatin motor yang kayak tawon jumlahnya (sesuatu banget khan). Nah, masih ngeyel cari alternatif? Bisa-bisa bukannya nyampe Chu Chi, tapi masuk kota lain. Secara rute bis di sepanjang 2 jam itu bisa macem-macem. Ditambah lagi letak medan tempur ini di desa yang emang dulunya semi hutan gitu. Cari amannya aja deh. Pesen tiket di layanan tur hostel.
Catatan lainnya, karena kita di medan tempurnya sana lumayan lama, biasanya pulang sore. Terus gak ada kemungkinan buat makan besar, jadi siapin bekal yah bilang ke emak. Tiket transport tidak termasuk makan siang.
Trik seru yang bisa gua saranin, bakalan oke deh kayaknya kalau bro/sis jala teman (emang ikan, dijala?). Gak. Seriusan. Kalau sempet ngobrol2 sama temen sesama tamu hostel, kalau kamu emang mau ke Chu Chi. Khan seru kalo ada barengan. Minimal ada yang bisa fotoin atau diajak foto bareng. Biasanya sih mereka semangat banget kalau tahu kita mau kesana. Jadi kalau kasih tahunya dari awal, kemungkinan besar bisa dapet barengan. Tapi kalau gak, ya gak papa. Kayak cerita gua selanjutnya. Ketemu temen-temen baru di bis dan berujung jalan-jalan bareng di malam tahun baruan yang gak bakalan lupa seumur hidup.

0 comments:

Post a Comment