Part 17 -- Ngebolang di Rimba kota Saigon

Wednesday, July 8, 2015

Sejujurnya banyak banget yang bisa kita kunjungin di kota komersil Vietnam ini. Nah, masalahnya beda orang beda rezeki (eh, tuh kan ngelantur sendiri). Maksud gua beda orang beda pilihan. Misalnya nih ya, ada yang bela-belain dateng ke negara di pantai selatan Tiongkok ini cuman demi dua potong jeans (ngledek Syamil nih ceritanya). Tapi yah gakpapa sih yah, suka-suka orang secara itu kan visi en misinya mereka. Sama juga pas bro ato sis baca kisah-kisah fantastis (hueekkk) di blog ini, boleh-boleh aja dijadiin acuan tapi kawan-kawan boleh pilih versi kalian masing-masing yang pas sama gaya lo. Kalau pilihan gua ada setidaknya tiga kriteria nih, jujur-jujuran (pake gaya yang semeyakinkan tukang jual jins di pasar Cinde):
1. Em u mu er a rah. Yep bener. Murah. Secara prinsip ekonomi gitu kan. Irit tapi elit. Wakakaka. Ngapain coba buang-buang duit di negara orang kalau pengalaman dan keseruan yang didapet gak worth it (nyolot nih). Sebisanya keluarin duit dengan syarat ada nilai yang bisa diperoleh, ada persahabatan yang dijaga, ada intrik-intrik jalan-jalan seru yang mencuat. Ada sesi adu tawar yang sadis dan gak masuk akal. Semua itu bakalan jadi poin tersendiri yang bisa jadi bonus buat kamu inget pas pulang entar. Eits, tapi bukan berarti itu karena kepepet kehabisan duit yah (modus aka alibi) tapi masalah efiaiensi behh efisiensi aja. Boleh lah sesekali ke kafe borju n ngobrol-ngobrol sama orang 'berkelas' atau nginep di hotel yang oke punya, ya kali bela-belain cari yang murah tapi ujung-ujungnya sengsara kayak bawang merah di dongeng itu. Lebih baik cari yang harga kece, pulang senang. Caranya? Baca-baca buku, rekomendasi atau apalah yang bisa bro/sis jadiin acuan pas tar disana. Dengan begitu gak bakalan nyesek setelah sadar, habis jalan-jalan tagihan membludak. Aku harap pas habis baca celotehan ini dan beberapa bagian di belakang entar, bro/sis bakalan nemuin inspirasi dan ide-ide gokil buat memaksimalkan bajet (budget, keles) yang kamu punya. Tempat-tempat murah di saigon ada di seputaran pasar tradisional di sebelah barat Benh Tanh, jalan lurus terus. Kedai2 ala a*fama*t gitu agak kemahalan broo, justru gua saranin ke supermarket atau mall aja, malah gokil soalnya pake harga lokal. Makanan juga berlimpah di radius 2 km area Benh Tanh. Kalau mau cari yang halal dan murah cari kampung India atau Arab di bagian timur, Benh Tanh jalan lurus. Ati-ati aja yah nyebrangnya.
2. Gaul. Yep. Jalan-jalan bin travelling adalah kesempatan yang gak ada duanya buat membuka diri dan mendapat temen, ilmu dan energi baru buat ngejalanin hidup. Balik dari travelling, nothing's gonna be the same. Kamu bakal dapet perspektif baru, inspirasi baru, bahkan pacar baru, dompet baru atau gelang baru (hahaha true, ya gak). Emang sih gak segampang itu lantaran beberapa orang tipenya shy shy cat (malu-malu kuciang, wkkwkkw). Tapi gak ada salahnya kok belajar, tabrak aja: sksd, ngobrol ngibril. Kadang lancar, kadang krik krik. Tapi kan lebih baik dicoba daripada gak sama sekali. Tahan gengsi dan malu dikit tapi dampaknya seumur hidup: dapet kenalan Vietnam ato bule. Sedikit tips buat mulai percakapan nih ya, "Hey, how are you doing?" atau "Where are you from?" kalo ketemu bule. Atau "Are you working around here?" kalo ketemu uwong Viet. Menurut pengalaman, itu kalimat pembuka yang mujarab buat memulai percakapan yang berujung persahabatan. Tips buat cari hostel yang gaul tuh dari baca reviewnya alias komennya di bawah deskripsi hotel. Kalau skornya 8 ke atas tuh udah nunjukin banget tuh. Hostel dengan ranjang banyak (dorm) dan campur bisa jadi ajang ngobrol dan sosialita yang asik kece. Cobain deh. Terus di Vietnam banyak taman-taman, terutama taman yang di bundaran Benh Tanh itu cucok bingit buat kenalan, rehat, maen internet, sepak takraw, jemur kaos kaki, salto, apa aja deh... (asal gak jualan batu akik aja.. Oops, no offense yah buat para trader, wkwkk).

3. Gokil. Didefinisikan sebagai keadaan yang seru, yang cuman ada di Saigon. Tentunya ini bicara tentang arsitektur kece, sejarah yang bikin emak sama engkong nangis, makanan-makanan yang rasanya surgawi, mas-mas dan mbak-mbak yang kece badai, hawa sejuk di bulan Desember-Januari dan pilihan destinasi yang bisa dijangkau dengan jalan kaki. So, yep. Ambil tasmu, bbm-an sama konco-konco buat rencanain trip Vietnam kamu. Alright?

0 comments:

Post a Comment