Part 20--- Perjalanan ke medan Perang: Lucunya pemandu wisata di Bus

Wednesday, July 8, 2015

Krik krik krik begitu bunyinya... Kira-kira begitulah gua menggambarkan Steve, pria muda Vietnam yang mencoba melawak di bus. Jujur, kadang-kadang dia emang lucu sih.. Lucu banget. Nyelekit juga lucunya. Tapi asyiklah, sejauh ini menjadi salah satu penumpang di bus yang melaju di jalanan Ho Chi Minh ke desa Chu Chi ini. Murah senyum, baik dan kece, sang pemandu wisata gak cuman berusaha buat pemirsanya terhibur binti gak bosen; tapi juga mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis.
Misalnya nih ya, kenapa Amerika mesti terlibat di Perang Vietnam? Terus apa dampak perang buat ke dua belah pihak? Terus gimana sikap orang Vietnam pasca perang, khususnya terhadap rivalnya masa itu, AS dan negara-negara barat pada umumnya? Nah, kali ya, kalau ada mamang-mamang becak dari Palembang di bus itu , pasti bakalan bilang, "Keriting agek rambut mamang dek. Alangke susahnyo masalah...." (terjemahan: Bisa keriting ntar rambut abang, dek. Alangkah rumitnya masalah dunia akherot). Tapi belajar banyak sih dari pembahasan, ceramah, lawakan yang dia lontarin. Dari dia juga aku belajar, kalau secara umum masyarakat Vietnam menganggap perang itu sebagai masa lalu kelam. Masa lalu biarlah masa lalu, bagi mereka. Yang lebih penting memaafkan dan bangun dari keterpurukan. Pas denger itu, gak kerasa juga gua terenyuh. Ngebayangin betapa beratnya buat mereka apalagi kalau liat anggota keluarga mereka luka-luka atau cacat permanen akibat perang masih ada di rumah sampe hari ini.
So, balik lagi ke nuansa bus yang dipenuhi dengan kernyitan dahi, lalu digilir sama gelak tawa karena guyonan si Steve. Jadi ceritanya bus ini sebelum bener-bener keluar kota, jalan jemputin turis satu persatu. Nah, beberapa menit setelah bus jalan, gua sebangku sama mas-mas bule (muka sih mas-mas, tapi umurnya adek-adek, hehheh). Kami kenalan, ngobrol-ngobrol seru. Ternyata dia dari Timur Tengah. Nah, akhirnya aku cerita deh kalau aku lagi belajar bahasanya dan baca buku berbahasa yang sama. Dia semangat banget ngobrol-ngobrol lantes ngenalin aku sama  temen ceweknya si Shaked (untung bukan Shakednya tuh di sini yah hehe). Mantap lah, dalam hati gua. Lumayan buat saling bantu ngambilin foto. Ternyata jadi temen juga bisa kontak-kontak sampe sekarang.
Selagi seru-serunya ngobrol, gua rasanya denger ada orang yang lagi ngomong pake bahasa Indonesia. Penasaran nih gua. Celingukan ke kanan kiri depan belakang, ketemu juga deh sumber suara mistis itu hahah. Ternyata di belakang gua ada empat gadis jelita dari Jawa Barat. Hmm jangan-jangan mereka itu jelmaan bidadari yang diintip jaka tingkir itu yah (halah, drama banget ya gak sih). Akhirnya kami ngobrol-ngobrol juga di bis. Aku kasih tau ke si GL (temen timteng yg sebangku sama gua itu) kalau kami sama-sama dari Indonesia. Dia berdecak kagum, katanya mereka kiyut-kiyut. Wakaka. Gak ada yang secantik itu di negaranya. Bahh. Yang bener aja bro. Bukannya cewek-cewek timteng tuh cantiknya gak ketulungan. Gak usah jauh-jauh deh. Shaked aja kece halilintar. Tapi ya gakpapa lah, namanya juga opini, khan jujur punya.
Bis kami sempat terhenti dua kali! Ada apa gerangan? Kisahnya di bagian selanjutnya...

0 comments:

Post a Comment